DOSA DOSA BESAR

Imam Adz-Dzahabi, Penyusun Kitab Al Kabair - Mina NewsAbu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz bin Abdullah adz-Dzahabi al-Fariqi, yang lebih dikenal sebagai Al-Imam Adz-Dzahabi atau Al-Dhahabi, adalah seorang Ulama Sunni. Dia berasal dari Maula Bani Tamim.
Kehidupannya
Dia dilahirkan pada tahun 673 H di Mayyafariqin Diyar Bakr. Ia dikenal dengan kekuatan hafalan, kecerdasan, kewara’an, kezuhudan, kelurusan aqidah dan kefasihan lisannya. Dia wafat pada malam Senin, 3 Dzulqa’dah 748 H, di Damaskus, Suriah dan dimakamkan di pekuburan Bab ash-Shaghir.

Guru-gurunya
Dia menuntut ilmu sejak usia dini dan ketika berusia 18 tahun menekankan perhatian pada dua bidang ilmu: Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadits Nabawi. Dia menempuh perjalanan yang jauh dalam mencari ilmu ke Syam, Mesir, dan Hijaz (Mekkah dan Madinah). Dia mengambil ilmu dari para ulama di negeri-negeri tersebut. Di antarapara ulama yang menjadi guru-guru dia adalah:

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

Yang dia letakkan namannya paling awal di deretan guru-guru yang memberikan ijazah pada dia dalam kitabnya, Mu’jam asy-Syuyukh. Dia begitu mengagumi Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dengan mengatakan, “Dia lebih agung jika aku yang menyifatinya. Seandainya aku bersumpah di antara rukun dan maqam maka sungguh aku akan bersumpah bahwa mataku belum pernah melihat yang semisalnya. Tidak…-Demi Allah- bahkan dia sendiri belum pernah melihat yang semisalnya dalam hal keilmuan.” (Raddul Wafir, hal. 35)


Al-Hafizh Jamaluddin Yusuf bin Abdurman 
Yang dikatakan oleh dia, “Dia adalah sandaran kami jika kami menemui masalah-masalah yang musykil.” (ad-Durar al-Kaminah,V:235)

Al-Hafizh Alamuddin Abdul Qasim bin Muhammad al-Birzali
Yang menyemangati dia dalam belajar ilmu hadits, dia mengatakan tentangnya: “Dialah yang menjadikanku mencintai ilmu hadits.” (ad-Durar al-Kaminah, III:323)

Ketiga ulama di atas adalah yang banyak memberikan pengaruh terhadap kepribadian dia. Adapun guru-guru dia yang lainnya adalah Umar bin Qawwas, Ahmad bin Hibatullah bin Asakir, Yusuf bin Ahmad al-Ghasuli, Abdul Khaliq bin Ulwan, Zainab bintu Umar bin Kindi, al-Abuqi, Isa bin Abdul Mun’im bin Syihab, Ibnu Daqiqil ‘Id, Abu Muhammad ad-Dimyathi, Abul abbas azh-Zhahiri, ali bin Ahmad al-Gharrafi, Yahya bin ahmad ash-Shawwaf, at-Tauzari, masih banyak lagi yang lainnya.

Al-Imam adz-Dzahabi memiliki Mu’jam asy-Syuyukh (Daftar Guru-Guru) dia yang jumlahnya mencapai 3000-an orang (adz-Dzahabi wa Manhajuhu fi Kitabihi, Tarikhil Islam) (sumber wikipedia).

Selengkapnya di sini  DOWNLOAD

Semoga Bermanfaat
Share:

CARA HIDUP ISLAM

12 Kitab Hadits yang Sangat Terkenal - Bacaan Madani | Bacaan ...Ciri utama dari Din Al-Islam ialah ia tidak membenarkan sesuatu pertentangan, juga pemisahan yang ketara antara kehidupan kerohanian dan kehidupan dunia.Islam tidak sekadar membataskan dirinya untuk membina ketinggian kerohanian dan akhlaq semata-mata. Ruang lingkup peraturan yang dikemukakannya mencakupi segenap bidang kehidupan insan. la hendak melahirkan bukan sahaja ketertiban hidup diri perseorangan malah ketertiban hidup masyarakat manusia seluruhnya ke dalam pola-pola yang sihat dan bersih sehingga Kerajaan Allah dibangunkan dalam bentuk kenyataan di atas muka ini. Dengan demikian keamanan, kebahagiaan dan kemakmuran akan memenuhi segenap pelusuk muka bumi dan saujana samudera.

Cara hidup Islam didasarkan atas satu pendekatan yang unik kemas serta mantap dan ia merupakan konsep istimewa tentang kedudukan insan dalam alam semesta ini. Itulah sebabnya mengapa perlunya kita memahami terlebih dahulu Tasawwur lslami (konsepsi hidup menurut ajaran Islam) sebelum kita menangani atau membincangkan persoalan ini, masyarakat, politik dan ekonomi dari kacamata Islam. Langkah permulaan menuju perbincangan persoalan-persoalan.

Selengkapnya baca di sini download


Semoga Bermanfaat
Share:

Al Arbain An Nawawiyah

Syarah Al Arbain An Nawawiyah - Al-ManshurohArbain Nawawi atau Al-Arba'in An-Nawawiyah (Arab:الأربعون النووية) merupakan kitab yang memuat empat puluh dua hadits pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi[1]. Arba'in berarti empat puluh namun sebenarnya terdapat empat puluh dua hadits yang termuat dalam kitab ini. Kitab ini bersama dengan kitab Riyadhus Shalihin dianggap sebagai karya Imam Nawawi yang paling terkenal dan diterima umat muslim di seluruh dunia. Kitab ini menjadi favorit di kalangan santri untuk memulai menghafal hadits-hadits Nabi sebelum beralih ke kitab-kitab yang lebih besar.
download
Sudah menjadi kebiasaan bagi para ulama untuk membuat kitab kumpulan atau rangkuman tentang suatu masalah agama. Sehingga sesungguhnya Imam Nawawi bukanlah yang pertama dan juga bukan satu-satunya yang membuat kitab Arbain. Namun kitab Arbain miliknyalah yang terkenal luas dan harum hingga saat ini, meninggalkan kitab-kitab arbain lainnya yang disusun oleh ulama lainnya. Di antarakitab-kitab arbain itu adalah milik para imam seperti Al-Ajurri, Al-Baihaqi, Ash-Shabuni, Al-Hakim, Ad-Daruquthni, Ath-Thabari, As-Suyuthi, Ibnu Hajar Al-Asqalani dan selain mereka yang berjumlah hingga puluhan kitab Arbain. Sehingga untuk membedakan dengan kitab Arbain yang lain, disebutlah namanya Al-Arba'in An-Nawawiyah (Kitab Arbain milik Imam An-Nawawi)[2].

Dasar kitab ini adalah kitab "Al-Ahadits Al-Kulliyah" yang didiktekan Imam Al-Hafizh Abu Amr bin Ash-Shalah, yakni kumpulan 26 hadits yang padat dan ringkas. Kemudian Imam Nawawi menggenapkannya menjadi 42 hadits dan menamakannya dengan Al-Arba'in[3].(wikipedia indonesia).


link ebook download

****
Share:

30 Catatan Populer

Sejarah Singkat Kitab " Injil , Taurat , Zabur Dan Alqur'an ...Segala Puji hanyalah milik Allah , shalawat dan salam kepada Rasulullah , yang telah membawa manusia dari kelamnya kemusyrikan menuju cahaya tauhid .Beberapa waktu yang lalu penyusun mendapatkan e-book 37 Masalah Populer yang ditulis oleh ustadz Abdul Somad –hadanallahu waiyyaahu-. Mengingat beliau sedang viralnya di youtube dan tentu bukunya pun demikian. Maka penyusun berusaha untuk 
tulisan beliau hingga beberapa kali .Buku ini ketika membahas masalah umum seperti masalah memakai
emas bagi lelaki, duduk di atas kubur dan beberapa masalah fiqh cukup baik dan banyak bersesuaian dengan penyusun.Dalam masalah yang terjadi perbedaan khilaf ungkapannya cukup baik akan tetapi masih terlalu umum sifatnya. Seperti masalah Ikhtilaf/khilafiyah yang beliau contohkan untuk memunculkan sikap
tatsamuh/toleransi pada umumnya adalah contoh ikhtilaf tanawwu‘ (dua perbedaan yang tidak rcela/perbedaan ijtihadiyah).Dengan batasan ini ditakutkan pembaca justru menjadi toleran pada sesuatu yang tidak patut untuk toleran.Apalagi beliau tidak menjelaskan jenis/ macam-macam ikhtilaf..

Selengkapnya klik Download


**
Share:

Kitab Al-Ma'ruf dan Al-Munkar

Manhaj Ibnu Taimiyah Ber-Amar Ma'ruf Nahi Mungkar | Shopee Indonesia
Ada tiga puluh delapan kata al-Ma'rufl dan enam belas kata al-Munkar di dalam Al-Qur'an. menurut ufradat ar-Raghib dan lainnya - adalah nama setiap perbuatan yang dipandang

menurut akal atau agama (syara). Sedangkan al-Munlmr berarti: setiap perbuatan yang oleh akal sehat dipandang jelek, atau akal tidak me mandang jelek atau baik, tetapi agama (syariat) memandang nya jelek.

Ada yang berpendap at, al'Ma 'rry'' suatu nama yang mencakup setiap perbuatan dikenal sebagai suatu ketaatan dan pendekatan diri kepada Allah dan berbuat baik (ihsan) kepada manusia. Sedangkan al'Munlmr
berarti sebaliknya.Ada pula yang berpendapat, al-Ma'ruf ialahsuatu nama yang mencakup setiap perbuatan yang dicintai Allah berupa iman dan amal salih.Hukumnya Mengajak kepada al-Ma'ruf dan melarang dati al'
Munkar (baca: amor ma'ruf nahi munlrnr), termasuk di antara fardhu-fardu kifayah.

Ibnu Taimiyah - rahimahullah - berkata:"Kewajiban ini adalah kewajiban atas keselunrhan umat, dan ini yang oleh para ulama disebut fardhu kifayah. Apabila segolongan dari umat melaksanakannya, gugurlah kewajiban itu dari yang lain. Seluruh umat dikenai kewajiban itu, Tetapi bila segolongan umat telah ada yang melaksanakannya, maka tertunaikan kewajiban itu dari yang lain" Ketika para fuqaha ' (ulama fiqh) menetapkan dakwah adalah fardhu kifayah, sebagian orang menyangka, mereka boleh tidak melaksanakan 
kewajiban dakwah itu. Duduk perkaranya tidaklah seperti apa yang mereka sangka itu. Sesungguhnya
fardhu kifayah dan pelaksanaannya menghendaki pentingnya realisai sesuatu yang diperintahkan itu, dan
penerapannya, serta golongan yang jadi sasaran perintah itu dapat menerimanya secara nyata. Apabila mereka  tetap dalam kesesatan, mengikuti hawa nafsu, senang dalam kedurhakaan dan terjerumus dalam kesalahan, maka semua orang Islam tetap mendapat beban kewajiban tersebut.Dan diwajibkan kepada setiap Muslim melakukan amar ma'ruf dan nahi munkar dalam hal-hal di mana orang berilmu dan orang bodoh sama di dalamnya,


Selenkapnya di Down;load

****
Share:

POKOK-POKOK KESESATAN SYIAH

Konten Islam | Kenali Fakta Hadapi Realita | Portal Berita ...Syiah secara etimologi bahasa berarti pengikut, sekte dan golongan.Sedangkan dalam istilah Syara', Syi'ah adalah suatu aliran yang timbul sejak pemerintahan Utsman bin Affan yang dikomandoi oleh Abdullah bin Saba' seorang Yahudi dari Yaman. Setelah terbunuhnya Utsman bin Affan, lalu Abdullah bin Saba' mengintrodusir ajarannya secara terang-terangan dan menggalang massa untuk memproklamirkan bahwa kepemimpinan (baca:imamah) sesudah Nabi saw sebenarnya ke tangan Ali bin Abi Thalib karena suatu nash (teks) Nabi saw. Namun, menurut Abdullah bin Saba', Khalifah Abu Bakar, Umar, Utsman telah mengambil alih kedudukan tersebut. Keyakinan itu berkembang sampai kepada menuhankan Ali bin Abi Thalib. Berhubung hal itu suatu kebohongan, maka diambil tindakan oleh Ali bin Abi Thalib, yaitu mereka dibakar, lalu sebagian mereka melarikan diri ke Madain.Aliran Syi'ah pada abad pertama hijriyah belum merupakan aliran yang solid sebagai trend yang mempunyai berbagai macam keyakinan seperti yang berkembang pada abad ke-2 hijriyah dan abad-abad berikutnya.

Baca selengkapnya di download

Semoga bermanfaat
Share:

Kitab Waspada terhadap Bid'ah

Download Ebook Waspada Terhadap Bid'ah - Jazuli DownloadSyaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (bahasa arab: عبد العزيز بن باز) adalah seorang ulama kontemporer yang ahli dibidang sains Hadits, Aqidah, dan Fiqih. lahir di Riyadh - Arab Saudi tahun 1909 M/1330 H. Pada awalnya dia bisa melihat dengan normal, tetapi penglihatannya perlahan memburuk hingga puncaknya pada usia sekitar 20 tahun dia pun mengalami kebutaan total. Syaikh Bin Baz pernah menjabat sebagai mufti (penasehat agung) kerajaan Arab Saudi, rektor Universitas Islam Madinah, Hai'ah Kibaril Ulama (semacam MUI di Arab Saudi), Dewan Riset Ilmu dan Fatwa (al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyah wal Ifta'). Dia meninggal dunia pada tahun 1999 M/1420 H dan disemayamkan di pemakaman Al-Adl, Mekkah.

Riwayat Ilmiah
Nama lengkap dia adalah Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad bin Abdullah Ali Baz, dikenal dengan nama Syaikh Bin Baz. Dilahirkan di kota Riyadh pada tahun 1330 H. Syaikh Bin Baz telah mampu menghafal Al-Qur'an sejak kecil, pada saat menghafalnya dia rutin bermurojaah kepada Syaikh Abdullah bin Furaij. Setelah itu, dia pun mempelajari ilmu-ilmu syariat dan bahasa Arab melalui bimbingan ulama-ulama disekitar kota Riyadh. Ketika masih kecil, dia bisa melihat dengan baik dan normal, tetapi pada tahun 1346 H matanya berangsur rabun dan kemudian perlahan tidak dapat melihat sama sekali. Kebutaan total ini terjadi sekitar tahun 1350 H.

Meskipun tuna netra, tetapi Syaikh Bin Baz memiliki intelegensi yang luar biasa dan juga kemampuan hafalan yang baik, bisa menghafal dan memahami suatu artikel yang dibacakan. Dia diberi kepercayaan oleh kerajaan Arab Saudi untuk menjadi Mufti, menjadi salah satu Dewan Ilmu dan Fatwa Kerajaan (al-Lajnah ad-Daimah Lil Buhuts al-Ilmiah wal Ifta'), dan juga menjadi Hai'ah Kibarul Ulama (Majelis Besar Ulama Senior).(sumber wikipedia indonesia)

mau gratis salah satu kaya beliau klik disini  download

 Kitab Bid'ah dalam Pernikahan klik di sini donlod

Kitab Bid,'ah dan kesesatannya klik di sini donlot

Semoga bermanfaat
x
Share:

RADIO DAKWAH

Recent Posts

Pages